Jumat, 10 Juni 2011

mengenal GAUGE


Gauge ...?

Denger istilah "gauge" pertama kali di sebuah buku ketrampilan lokal gramedia... MERAJUT YUK karangan Safrida Purwati dan Dyah Dyanita.Itu sebelum aku mengenal amigurumi, tetapi aku gak ngerti ( dasar otak). mungkin karena kubaca sambil lewat...inti yang kutangkap hanyalah sebuah standar untuk menyamakan ukuran hasil rajutan maupun merubah ukuran dengan tidak merubah pola dasar tetapi caranya masih belum 100 % kupahami.


Kemudian untuk kedua kalinya aku membaca istilah GAUGE di hampir setiap pola berbahasa inggris. Kupikir pola bahasa inggris lebih enak juga karena ada GAUGEnya dibanding dengan pola gambar. tetapi ternyata prakteknya gak segampang yang kukira apalagi tiap kali gaugenya gak pernah pas dengan rajutanku.pusiiinnngggg....

Akhirnya kutinggalkan gauge untuk sementara waktu dan aku berkonsentrasi pada amigurumi.Karena amigurumi jarang mngenal istilah GAUGE. Amigurumi memang lebih sederhana dan sebagai bonus, melatih tanganku sehingga memiliki "tarikan" yang sama dan kuliat hasil rajutanku makin lama makin rapi ( * pede banget* ).

Tetapi gauge cukup penting perannya dalam dunia rajut. Kurasa tanpa gauge hasil rajutan terutama yang weareable hasilnya akan 'kacau' dan tidak sesuai dengan ukuran pola.

Maka aku pun berusaha memperhatikan gauge dan butuh waktu cukup lama bagiku untuk memahami gauge yang sampai sekarang pun aku masih kacau alam ber-GAUGE ria.

Jadi apa itu GAUGE?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar