Kamis, 16 Juni 2011

Anatomi jarum crochet





Udah tau rajutan sedari kecil.......
Udah maen rajutan sedari kecil.....
TAPI...
Baru sekarang tau kalo jarum/hakken pun ada anatominya....:)

Ternyata jarum yang hampir setiap hari kupegang ini ada anatominya juga....dari ujung ampe ujung lagi...(*jadi inget kuliah anatomi dulu...tiap lekukan ada namanya*)

Bener-bener mengagumkan...hanya dari sebuah peralatan sederhana, bisa bikin aneka ragam kreasi yang.....wwwwaaaaaaoooooowwwww.........it's so amazing

tip and the throat, digunakan untuk bikin berbagai jenis tusukan crochetting. sedangkan diameter dari shaft yang menentukan ukuran jarum (*kupikir yang nentuin ukuran jarum itu ujungnya, ternyataaaaaa....*)....kemudian ada grip dan handle untuk memegang jarum.

Biasanya jarum/hakken ada 2 macam ; jarum yang untuk benang besar ( yarn hook) dan yang untuk benang berukuran kecil ( thread/steel hook).......Karena kita memakai bahasa indonesia,jadi semua benang dipukul rata...menggunakan kata 'benang'. Sedangkan dalam bahasa inggris benang terbagi menjadi yarn dan thread. Jarum/hakken di dunia rajut terbuat dari berbagai macam bahan, alumunium, tulang, bambu, plastik, dll. Juga ada yang dibuat dengan pegangan ergonomik sehingga nyaman digunakan...Biasanya bagi pemula, disarankan menggunakan yang terbuat dari alumunium karena mudah dipegang, lebih murah, dan lebih mudah didapat.

Masalah ukuran jarum...jujur aja sampai sekarang aku sendiri masih bingung...karena aku melihat walaupun sudah ada patokan tapi tetap saja berbeda antara merk yang satu dengan yang lain. Yang aku tau emang ada 2 ukuran dasar, salah satunya ukuran US..Tapi rasanya kalo yang punya asia lain lagi ukurannya...rasanya lebih kecil. Aku pernah mendapat 1 set jarum crochet dari alumunium, kemudian kubandingkan ukurannya dengan punyaku dan ternyata jarum no3 nya setara dengan jarum no 5 punyaku. pusing kan? jadi yang mana ukuran standardnya? Harus browsing lagi nich....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar